//Regina Pacis Orchestra 2011 – Uniting Hearts, Celebrating Diversity

Regina Pacis Orchestra 2011 – Uniting Hearts, Celebrating Diversity

Tema “Uniting Hearts, Celebrating Diversity” memayungi rangkaian lagu, baik yang berasal dari daerah maupun nasional, baik yang berupa permainan alat musik maupun olah seni suara, dan merupakan cerminan keberagaman latar budaya siswa Regina Pacis Bogor. Paduan keberagaman ini diwujudkan ke dalam sebuah simponi hati yang merayakan keberagaman sekaligus berasakan kebangsaan. Saksikan dokumentasi acara orchestra ini dalam laman youtube terlampir :

Paduan seni musik yang dbingkai ketekunan berlatih para pemain musik pemula siswa SD, SMP dan SMA. Tampil dalam sebuah konser perdana membentuk Simponi Hati yang merayakan Keberagaman sekaligus Berasakan Kebangsaan. Rangkaian lagu pertama adalah lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan secara agung.

Berikutnya adalah lagu Mars Regina Pacis yang menggelorakan semangat Ad Veritatem Per Caritatem, Menuju Kebenaran Melalui Cinta Kasih. Lagu ini merupakan lagu “kebangsaan” sekolah yang dinyanyikan secara padu dan semangat oleh para siswa-siswi Regina Pacis Bogor.

Pagelaran diawali dengan string Ansamble ‘Medley Melody Nusantara’, yang menyiratkan pesan tentang beragamnya budaya negeri ini. Diwujudkan ke dalam irama intrumentalia dinamis, yang berisi lagu-lagu daerah dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, tuk mengambarkan, betapa indah Indonesiaku yang kaya akan musik daerah.

Disambung dengan rangkaian lagu daerah yang dinyanyikan oleh paduan suara gabungan. Lihat dan dengarkan: Nada akan dibuat ‘menggetarkan hati’ lewat alunan suara merdu siswa-siswi yang tampil dalam nuansa pakaian nusantara. Mereka selama beberapa bulan telah berlatih habis-habisan, didampingi suara guru/karyawan dan beberapa alumni sekolah. “

“Bungong Jeumpa” mengawali medley syair lagu daerah, yang mewakili ujung barat Indonesia. Bagian intro lagu ini dipecah menjadi 10 suara. Bungong Jeumpa, atau Bunga Jeumpa (bunga cempaka) familie Magnoliaceae bercerita tentang bunga harum, wangi, kuning bercampur merah. Bunga semerbak wangi ini dikenakan di telinga para gadis dusun. Dalam keseharian, mulai dari bunga, batang dan daunnya, Bunga Jeumpa sangat berkhasiat untuk kesehatan.

By |2018-04-17T14:38:46+00:00November 30th, 2015|Acara|